-->

Tentang Software HydroPro


Pada kesempatan ini penulis akan menuliskan tentang sebuah software yaitu HydroPro. Software HydroPro di buat oleh Trimble Navigation Limited yaitu sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pemetaan/mapping. Software HydroPro tersebut biasanya digunakan untuk survey batimetri/kelautan/pemetaan kelautan.

Berikut adalah penjelasan dari software HydroPro.
Trimble (2001) menyebutkan software HydroPro adalah sebuah paket software yang dirancang untuk pekerjaan hidrografi yang berguna untuk menyelesaikan pekerjaan lapangan dan terdapat solusi untuk berbagai aplikasi survei, termasuk survei batimetri untuk pelabuhan, daerah aliran sungai, sedimentasi, studi erosi, penelitian lingkungan, studi monitoring perhitungan volume untuk pekerjaan pengerukan, dan survei untuk pekerjaan-pekerjaan konstruksi lepas pantai. Selain itu, software hidrografi ini mempunyai rangkaian komponen yang lengkap untuk proses pengolahan data navigasi secara real time. Komponen utama software hydropro adalah sebagai berikut:

Navigasi, Software ini menyediakan fasilitas untuk mengkonfigurasi semua elemen yang diperlukan untuk navigasi secara real time / terus menerus dalam memperoleh data di lapangan. Termasuk didalamnya dapat dipakai untuk mendesain bentuk model, pengaturan peralatan survei, sistem koordinat, dan perekaman objek data langsung dilapangan secara terus menerus. Semuanya dapat di overlay pada format raster atau gambar vektor dari area survei.

NavEdit, adalah visualisasi data grafik dan koreksi alat yang didalamnya mempunyai fungsi mengedit data yang lebih teliti seperti kedalaman pemeruman, gelombang, dan pasang surut. Hal ini berhubungan antara navigasi dan komponen software pengolahannya.

Processing, Merupakan proses pengolahan yang menyajikan data dan fungsi analisis. Di dalam fungsi ini disediakan fitur pengeditan pengolahan data standar, pelaporan, dan perencanaan pengolahan dimana didalamnya terdiri dari beberapa elemen modular yang berintegrasi dengan database dan lembar kerja grafis. Modul pengolahannya meliputi:

- Edit
- Profile
- Volume
- Contour/DTM
- Digitasi

Itulah ulasan mengenai software Hydropro, silahkan baca juga artikel selanjutnya Artikel Tentang software Terramodel dan fungsinya atau Download Software Hidrosig Gratis
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar