-->

Mencari Lokasi Menggunakan Angka Koordinat Di Google Map


Di google map atau earth, biasanya kita sering mencari atau menavigasi lokasi suatu wilayah dengan mengisikan nama dari wilayah yang akan kita cari posisinya atau letaknya. Akan tetapi, selain dengan cara tersebut, sebenarnya kita juga bisa mencari dan menavigasi atau track lokasi suatu wiayah atau nama dan lokasi tempat dengan menggunakan angka atau nilai koordinat yang sudah kita ketahui misalnya. Seperti contohnya kita sedang bekerja dengan angka-angka koordinat yang telah kita ketahui, tapi kita masih bingung untuk melanjutkan pekerjaan dengan angka-angka koordinat tersebut karena ragu-ragu atau kurang yakin, maka cara yang tepat untuk mengusir keraguan dan memastikan angka-angka koordinat tersebut adalah dengan cara mengecek lokasi koordinatnya pada google earth atau map dengan memasukkan angka koordinat tersebut.

Adapun cara memasukkan angka-angka pada kolom pencarian di google map / earth tidaklah sesulit yang kita bayangkan. bagi sobat semua yang belum mengetahui cara ini terbilang sama dengan cara memasukkan nama suatu lokasi atau wilayah. yang perlu diketahui oleh sobat adalah untuk memasukkan angka koordinat harus sesuai dengan ketentuan jenis sistem koordinat yang terdapat pada google map atau earth. apakah itu jenis pengaturan yang kita gunakan menggunakan sistem koordinat geografis (lintang bujur) atau menggunakan sistem koordinat global.
Berikut adalah cara mencari dan memasukkan angka google earth atau map. Contoh angka koordinat di bawah ini adalah angka koordinat posisi atau lokasi rumah admin "koordinat".

(7°46'07.1"S 110°20'48.1"E)=> (lintang, bujur) angka koordinat geografis dalam (derajat, menit, detik). (-7.768648, 110.346696)=> (X, Y) angka koordinat global dalam (desimal). apabila lokasi terletak di utara garis katulistiwa maka pada nilai koordinat X tidak perlu diberi tanda (-). Langkahnya adalah membuka google map atau earth, kemudian isikan pada kotak pencarian angka koordinat tersebut. pilih salah satu angka koordinat misalnya :

(-7.768648, 110.346696)

Ketik angka koordinat di kolom pencarian google map. setelah itu Enter atau cari. 
Maka akan tampil hasil pencarian seperti pada gambar dibawah ini. 

Balon merah pada peta menunjukkan lokasi dari koordinat yang kita cari dengan angka koordinat tersebut. Demikianlah cara mudah mencari lokasi/posisi objek atau lokasi dengan menggunakan angka koordinat di google map atau earth.
Tags:

1 Response to "Mencari Lokasi Menggunakan Angka Koordinat Di Google Map"