-->

Cara Menentukan Koordinat Di langit Atau Angkasa

Banyak dari kita mencari cara untuk menentukan koordinat di bumi, seperti koordinat di darat, air, dan udara (dengan pengertian masih di dalam atsmofer bumi? lantas apakah ada ilmu cara untuk menentukan koordinat di langit (lebih tepatnya luar angkasa). Ada sobat, ilmu itu masuk dalam ilmu astronomi atau perbintangan, untuk sobat yang suka dengan hal yag berbau astronomi/perbintangan ini sangat bagus untuk pengetahuan sobat. jadi sebenarnya saya akan mengulas penjelasan tentang koordinat pada peta bintang.


Masih banyak orang belum mengetahui tentang adanya sistem koordinat untuk lingkup langit. Tetapi jika anda memahami konsep lintang dan bujur di bumi, Anda dapat memahami setara dengan langit diluar angkasa sana. Inilah yang perlu Anda ketahui untuk menemukan hal-hal pada peta bintang.

Pada peta bumi, mengukur garis lintang adalah dengan seberapa jauh letak garis lintas utara atau selatan dari khatulistiwa . Dengan konvensi, khatulistiwa memiliki lintang nol derajat, kutub utara dan selatan memiliki lintang 90 ° Lintang Utara dan 90 ° Selatan, masing-masing. Chicago memiliki lintang 41,8 ° Lintang Utara; Sydney, Australia memiliki lintang sekitar 34 ° Selatan.

Untuk mengukur garis bujur adalah seberapa jauh letak garis timur dan barat di permukaan bumi. Tapi untuk seberapa jauh garis bujur timur dan barat didasarkan pada patokan apa? Dengan konvensi, titik referensi bujur adalah lingkaran besar berjalan melalui kutub bumi dan Observatorium Royal Greenwich di London, UK Jadi Greenwich adalah nol derajat bujur. Chicago, barat dari Greenwich, memiliki bujur 88 ° Barat. Sydney, timur London, berada pada bujur 151 ° BT.

Lintang Angkasa/langit : Deklinasi
-Sekarang bayangkan garis lintang dan bujur diproyeksikan ke langit. Ekuator langit terletak tepat di atas ekuator Bumi, dan utara dan selatan langit kutub berada di atas kutub Bumi.

-Garis imajiner lintang dan bujur ada juga. Tapi di langit, garis lintang disebut deklinasi. Berdasarkan kesepakatan, ekuator langit memiliki deklinasi 0 derajat. Utara dan selatan ekuator langit, deklinasi ditandai dengan "plus" dan "minus" tanda. Bintang Vega, misalnya, memiliki deklinasi + 39 °. Yang selatan Bintang Achernar memiliki deklinasi sekitar -57 °.
-Setiap derajat dibagi menjadi 60 unit yang lebih kecil yang disebut "menit busur", ditandai dengan ', dan setiap menit dibagi menjadi 60 "detik busur", ditandai dengan ". Jadi deklinasi lebih tepat Achernar adalah -57 ° 14 '12 ". Dan Vega di + 38 ° 47 '01 "

Bujur Angkasa/langit : Right Ascension
-Setara dengan langit ke bujur disebut penambahan kanan. Ini diukur bukan dalam derajat tetapi dalam "jam", dari 0h ke 24h. Para astronom membuat pengaturan ini sangat lama dikarenakan lingkup langit muncul untuk mengubah sekali setiap 24 jam. Dengan 24 jam penuh adalah 360 derajat dari langit, setiap jam sesuai dengan 15 derajat dari jarak sudut. Seperti derajat, setiap jam dibagi menjadi 60 menit, dan setiap menit menjadi 60 detik.

-Kenaikan kanan Achernar, contohnya adalah 43s 01h 37m; kenaikan kanan Vega teapat di 56s 18h 36m.

-Berdasarkan kesepakatan, lingkaran besar dengan kenaikan yang tepat 0 jam berjalan melalui titik pada rasi bintang Pisces di mana bidang ekliptik melintasi ekuator langit, dan kenaikan yang tepat meningkat ke arah timur.

*** Kenaikan kanan dan deklinasi setiap bintang yang tetap dari hari ke hari dan tahun ke tahun. Tetapi karena Bumi bergoyang-goyang di ruang karena pengaruh gravitasi Bulan dan Matahari, koordinat benda-benda langit berubah selama beberapa dekade. Setiap 50 tahun atau lebih, peta bintang dan koordinat bintang diperbarui. Peta bintang saat ini akurat pada tahun 2000.

(Sumber : Brian Ventrudo, 2009, One Minute Astronomer )

Bagaimana sobat? apakah menarik? selanjutnya saya akan memposting bagaimana cara mengukur koordinat pada langit/angkasa. semoga bermanfaat untuk pengetahuan sobat koordinat semua. jangan lupa lihat cara mengolah data dem di global mapper
Terima kasih
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar