-->

Ekspor Shapefile (*.shp) ke KML Menggunakan Quantum GIS

Konversi atau ekspor shapefile (.shp) ke kml (key markup language) dimana shapefile (.shp) adalah file vektor bentukan dari ESRI dan kml merupakan file yang digunakan untuk menampilkan model atau tampilan geografis  pada google earth. Sesuai janji "koordinat" pada ulasan sebelumnya, kali ini saya akan mengulas tentang tutorial ekspor *.shp ke kml di Quantum GIS. Banyak keperluan penelitian yang membutuhkan tampilan langsung hasil analisis penelitian yang di tampilkan pada google earth. cara ini tidak lain yaitu untuk mempermudah sebuah analisis dan memperjelas pada objek tertentu yang sesuai dengan kondisi di objek dan sekitarnya. Sobat bisa secara langsung memasukkan sebuah file shp, tin, dem, atau file lainnya pada Quantum GIS dan kemudian melakukan proses konversi atau ekspor menjadi file ber-ekstensi *.kml.

berikut ini adalah cara mengkonversi shapefile (*.shp) menjadi kml.
1.Membuka progam Quantum Gis
2.Setelah itu pilih Layer =>Tambah lapisan => Tambahkan Layer Vektor (bila ingin mengkonversi dem, tiff dan raster image lainnya yaitu dengan =>Tambahkan Layer Raster). setelah itu pilih berkas atau file yang akan di konversi dan kemudian buka.
3.Kemudian langkah selanjutnya adalah pilih lagi Layer => Save As. pada tampilan pop up windows baru atur format file baru dan pilih Key Markup language, tentukan tempat untuk menyimpan file yang baru, atur proyeksi koordinat yang digunakan, atur luasan layer yang baru dan kemudain klik ok. Lebih lengkapnya silahkan lihat pada gambar dibawah ini.
4. Proses konversi sudah selesai. dan sobat bisa langsung menampilkannya di google earth. yaitu buka google earth. setelah itu pilih File => Open => dan pilih file kml baru yang sudah sobat simpan tadi. setelah itu pada menu sidebar google earth pada pilihan tempat, centang layer kml yang sudah di masukkan tadi. maka pada pada tampilan google earth akan langsung ditampilkan  objek sesuai koordinat dan lokasi yang sobat ekspor tadi.
Berikut adalah contoh tampilan hasil konversi DTM (*dem) yang di ekspor ke kml,


Baiklah sobat koordinat, itulah cara konversi atau ekspor file shp dan yang lainnya ke kml semoga bermanfaat untuk sobat semua, silahkan kirim komentar bagi sobat yang tidak paham atau mengerti dengan ulasan di atas. Terima kasih
Untuk artikel terkait ulasan ini cara ekspor file autocad sipil ke kml
Tags:

2 Responses to "Ekspor Shapefile (*.shp) ke KML Menggunakan Quantum GIS"

  1. Thanks gan atas share ilmunya 👌

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 eka sari sukses selalu buat anda

      Delete